Kamis, 03 Februari 2011

Lumban Raja

Apa yang menjadi khas dari orang Batak? Supir metromini? Saksang? Pengacara korup? Preman Blok M? Gayus Tambunan? Hehehe… kalau ditanya ke orang Batak sendiri, mungkin mereka bakal bilang kalau sistem marga atau "tarombo" adalah hal yang paling khas dari suku Batak.

Sistem kekeluargaan di suku Batak memang cukup kompleks, meliputi tidak kurang dari 352 marga yang dapat ditelusuri hubungannya satu sama lain.
Pernah melihat ketika dua orang batak yang belum saling kenal bertemu? biasanya hal yang pertama ditanyakan adalah marga. Dengan mengetahui marga masing-masing, keduanya dapat menentukan hubungan kekeluargaan dan sapaan kekerabatan yang harus digunakan dalam berbicara.
Bagi beberapa orang hal ini penting, karena kesalahan dalam penggunaan kata sapaan dapat mengakibatkan ketersinggungan dan komunikasi yang tidak baik kepada lawan bicara. Misalkan nih ada kenalan baru yang harusnya kita panggil “Tulang” tapi malah kita sapa “Bapatua”, kalau orang itu paham adat dan kolot, bisa mencak-mencak tuh orang.
Nah… ini bisa cukup merepotkan mengingat ada sekita 125 bentuk sapaan kekerabatan dalam masyarakat Batak, bayangkan…. 125!! cuk!! repotnya…

Untuk bisa paham "tarombo", orang Batak mesti paham posisi marganya dalam sistem marga Batak, Kadang bahkan kita mesti tahu urutan keberapakah kita dalam sistem keturunan marga. Misalkan saya ini marga Lumban raja, keturunan keberapakah saya dari moyang saya yang bernama Lumban Raja itu? lain waktu saya juga bisa menggunakan marga Nainggolan (lho koq bisa? nanti saya jelaskan...)

Seharian ini saya mencari info tentang marga saya mumpung hari ini liburan Imlek, saya coba searching dan cari-cari keturunan siapakah saya ini..
Hehehe....

Pada Mulanya..
Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi, keturunan Adam berserak dan salah satunya merantau ke Sumatera, dialah SI RAJA BATAK, nenek moyang suku Batak.
Konon SI RAJA BATAK mempunyai 2 orang putra:
1. GURU TATEA BULAN.
2. RAJA ISOMBAON.
Semua keturunan SI RAJA BATAK dapat dibagi atas 2 golongan besar
a. Golongan TATEA BULAN = Golongan Bulan = Golongan (Pemberi) Perempuan.
b. Golongan ISOMBAON = Golongan Matahari = Golongan Laki-laki. Disebut juga
Kedua golongan tersebut dilambangkan dalam bendera Batak (bendera SI SINGAMANGARAJA), dengan gambar matahari dan bulan. Jadi, gambar matahari dan bulan dalam bendera tersebut melambangkan seluruh keturunan SI RAJA BATAK.

GURU TATEA BULAN memiliki 5 orang putra yaitu SI RAJA BIAK-BIAK (pergi ke daerah Aceh), TUAN SARIBURAJA, LIMBONG MULANA, SAGALA RAJA dan MALAU RAJA.
SARIBURAJA putra kedua dari GURU TATEA BULAN. Dia dan adik kandungnya perempuan yang bernama SI BORU PAREME dilahirkan marporhas (anak kembar berlainan jenis).
Mula-mula SARIBURAJA kawin dengan NAI MARGIRING LAUT, yang melahirkan putra bernama RAJA IBORBORON (BORBOR). Tetapi kemudian SI BORU PAREME menggoda abangnya SARIBURAJA, sehingga antara mereka terjadi perkawinan incest. Setelah perbuatan melanggar adat itu diketahui oleh saudara-saudaranya, maka ketiga saudaranya sepakat untuk membunuh SARIBURAJA. Akibatnya SARIBURAJA mengembara ke hutan meninggalkan SI BORU PAREME yang sedang dalam keadaan hamil. Ketika SI BORU PAREME hendak bersalin, dia dibuang oleh saudara-saudaranya ke hutan belantara, Tetapi di hutan tersebut SARIBURAJA kebetulan bertemu dengan dia.
SI BORU PAREME kemudian melahirkan seorang putra yang diberi nama SI RAJA LONTUNG.
Karena selalu dikejar-kejar oleh saudara-saudaranya, SARIBURAJA akhirnya berkelana ke daeerah Angkola dan seterusnya ke Barus.

SI RAJA LONTUNG ini mempunyai 7 orang putra
1. Situmorang
2. Toga Sinaga
3. Ampar Hutala
4. NAINGGOLAN
5. Simatupang
6. Aritonang
7. Siregar
Apakah nama-nama diatas terdengar familiar? ya karena nama-nama diatas juga digunakan sebagai marga oleh keturunannya.
---------------------------------------------------
Di Generasi ke 6 dari pohon Radja Batak , NAINGGOLAN mempunyai dua keturunan:
1. Sibatu
2. Sihombar

Sibatu dengan keturunan:
Sibatuara, Parhusip, Siahaan, Ampapaga

Sihombar dengan keturunan:
Lumban Nahor, SIRADJATUNGKUP, Lumbansiantar
----------------------------------------------------
Lalu dimanakah posisi Lumbanraja ???
----------------------------------------------------
Lumbanraja rupa-rupanya adalah keturunan SIRADJATUNGKUP, SIRADJATUNGKUP memiliki cicit yang bernama MOGOT PINAUNGAN, nah... MOGOT PINAUNGAN ini mempunyai 2 anak yaitu TANDJABAU dan DATUPARULAS
----------------------------------------------------
DATUPARULAS inilah yang menjadi marga Lumbanraja, atau dalam kata lain keturunan DATU PARULAS lah yang mulai menggunakan marga Lumbanraja. Adapun Lumbanraja adalah panggilan kecil bagi DATU PARULAS yang konon adalah anak bungsu dan selalu dimanjakan orangtuanya sehingga disebut Lumbanraja.

Bapak saya pernah bilang saya adalah keturunan ke-15 Lumbanraja, Dengan demikian maka saya juga adalah keturunan ke-20 dari Nainggolan sekaligus keturunan ke-26 dari SI RAJA BATAK.
Nah.... itulah sebabnya saya bisa mengklaim penggunaan marga Nainggolan ataupun Lumbanraja, saya toh adalah keturunan kedua orang itu.

Begitulah sejarah tarombo dengan keluhuran dan kehinaan sejarahnya. Dengan sistem tarombo, masyarakat Batak bisa tetap menjaga darah persaudaraannya meski telah lama berpisah atau malah tidak kenal sama sekali. 

62 komentar:

  1. tanya, om. NAINGGOLAN mempunyai dua keturunan:
    1. Sibatu
    2. Sihombar
    nah, kenapa pake nainggolan, gan? maksudnya, kenapa ga luat sibatu atau luat sihombar? atau pakai marga2 di bawahnya?

    BalasHapus
  2. Tanya Pak Luat, bolehkah menikahi wanita yang bermarga sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Maaf pak william..molo. Di huta nami di barus,,natar goar nainggolan,,manang nainggolan ahaa pe I,,dang boi mar sii alapan

      Hapus
  3. horas,,,

    lumban tukkup berarti lumbanraja do ate??????

    BalasHapus
  4. lumban raja katanya marpadan dengan siboro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata org tua saya sih iya to. Lumbanraja marpadan dgn siboro

      Hapus
    2. Iya memang itu benar karna dulu nenek monyang lumban raja dulu merantau ke samosir jadi pasjumpa sama marga si boro jadi marga siboro ini angkat nenek kita ini menjadi saudara dari siboro jadi yg lebih tua yaitu ada lh marga siboro

      Hapus
    3. Sptnya cerita itu salah bro.

      Hapus
    4. Jadi limbah raja sama siboro bisa marsialapab

      Hapus
    5. Itu lah ga tau abng..
      Kalau menurut abng boleh ga
      Soalnya aku lagi dekat juga sama br siboro

      Hapus
    6. Dang madalah i giru..
      Yang penting saroha .

      Hapus
  5. kalo cewenya orang jawa dan cowonya orang batak marga lumbanraja, anaknya gapake marga boleh gak min??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Min kalo Lbnraja dgn siregar silali boleh menikah gak?
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa tidak..??
      Diatas lumban raja bisa meneikah dengan parhusip tapi knapa tidak bisa dengan regar silali..?

      Hapus
    2. Ulasan diatas masih tdk benar itu siahaan tdk masuk kedlm marga lumbanraja,lumban tungkup itu abg lumbanraja jd yg benar tu lumbanraja adalah anak ketiga dr enam bersaudara.jd tlong dicek lg pengetahuanny..
      u persoalan menikah mmg ad hinaan dlm sejarah nainggolan olh krn tu kt hrs bljr dr yg tlh trjd jgn smp salah dn dkeluarkan dr adat istiadat.dn dpt buah bbt dr org2 batak dn bkn hny marga nainggolan aj yg dpt melenceng tp kt bs temukan dsetiap marga2 lain.dn dlu mmg hrs trjd agr ad marga2 lain..
      utk yg menikah dgn org jawa perempuanny anak yg dilahirkan tu hrs dbuat marga krn tu kturunan dr bapakny..
      dn istri dr org jawa tu hrs dbuat marga dr marga mama suami.

      Hapus
    3. kalau istri ny belum mangadati apa boleh anak ny tetep d kasih marga dr bapak ny???

      Hapus
  8. kata bokap w gk bisa menikah dengan siregar,karena siregar itu ito kita/ade kita..

    BalasHapus
  9. Min mau nanya kalo nainggolan lumban raja sama aritonang bisa ga?

    BalasHapus
  10. Horass...mau tanya dong,cewek saya bermarga pakpahan, mamaknya simanjuntak,tp opung boru dari cewek saya nainggolan,apakah saya bisa menikah dgn boru pakpahan ini?thks

    BalasHapus
  11. Anda marganya apa? Nainggolan?
    Dan ingin menikah dengan boru Pakpahan, yang oppung borunya Nainggolan?

    Bisa bro..., jangankan oppung borunya.. ibunya boru nainggolan bisa, asal saja tidak "dekat" kekerabatan Nainggolan-nya dengan Bapak sdr.

    Mainkan !!

    BalasHapus
  12. Sattabi majo katua sian dia do dalan anak ni lumbantungkup lumbanraja??
    Padenggan katua majo bah hurang pas do hurasa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumban raja anggi ni lumban tungkup do dang anak na

      Hapus
  13. Lumbanraja itu adalah panggilan,semua keturunan OPP Datu Parulas Parultop Nainggolan....tabe sian Australia..

    BalasHapus
  14. Balasan
    1. Masukkan balasan Anda...horas ito/bou

      Hapus
  15. yang penting kita sama-sama nainggolan kan:)

    BalasHapus
  16. Mauliate tu abg na mambaen postingan on jdi boi niboto martutur tu akka dongana asing..

    BalasHapus
  17. Jadi mau tanya, saya nainggolan lumban tungkup, klo saya suka dengan br lumban raja, itu bsa? Bsa di lanjutkan gak? Kalau lumban tungkup sm parhusip saya dgr bisa, tolong di blas ya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesan oppung kita sebaiknya tidak boleh menikah karena masih saudara/marito. Harusnya dari awal perkenalan sebaiknya kita jangan pacaran sama yang satu marga, apa ga ada marga lain ?? walaupun faktanya sudah ada yang melanggar nasehat para oppung kita itu. Agak ribet dan bahan omongan orang pas acara adat pernikahannya dan adat2 selanjutnya

      Hapus
    2. Jangan lah lagi menikah semarga, terlihat tabu untuk zaman sekarang.

      Hapus
    3. JANGAN MENIKAH SEMARGA. KARENA SUDAH TIDAK ETIS LAGI.

      Hapus
  18. Saya Mau tanya, jika dari pihak oppung perempuan itu marga siregar, sedangkan calon saya ini boru pakpahan..apakah bisa menikah jika saya marga lumbanraja..terima kasih

    BalasHapus
  19. manukkun majo au ate
    boi do lbn raja mangalap boru lbn siantar ?

    BalasHapus
  20. Apakah bisa lumban raja berhubungan dengan lumban gaol??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masukkan balasan Anda...bisa

      Hapus
    2. apa ngak ada marga lain, ikkon apala ito ta hita oli hon...

      Hapus
  21. M. Rulas Nainggolan....Ahu ma i, Ahu Marga Nainggolan Lumban Raja No 13 sian Lumban Raja na Mar boru Marbun Lumban Gaol do ahu.... ai dang adong hubungan langsung manang hubungan padan antara Nainggolan dohot Marbun...i do na hu boto kurang lebih mangido maaf, mauliate

    BalasHapus
  22. saya mau tanya, kalo cowo saya mamaknya lumban raja, dan mamak saya parhusip, apa bisa?

    BalasHapus
  23. kalo lumbanraja bisa gak menikah dgn marga girsang?

    BalasHapus
  24. Mangido parmisi jo iba,molo lumban raja mangalap boru siboro boi do??

    BalasHapus
  25. Mau tanya perbedaan kan Lumbanraja it ada 3 lagi jenisnya, kenapa yg saya lihat Lumban raja toga Sahata ga akur sama Lumban raja Sabungan raja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kau nainggolan lbn raja tanya ortumu, kalau kau bkn ngl lbn raja gak perlu kau tau itu

      Hapus
    2. Kalau kau nainggolan lbn raja tanya ortumu, kalau kau bkn ngl lbn raja gak perlu kau tau itu

      Hapus
    3. Marbadai opungi najolo

      Hapus
    4. Marbadai opungi najolo

      Hapus
  26. Anak raja lontung yang pertama adalah sinaga bukan situmorang. Mohon diperbaiki

    BalasHapus
  27. Marpanukun majo au tu hamu dongan tubuku
    Anggo lumban raja boi do mambuat br si boro

    BalasHapus
  28. horas pahompu, ia ahu no 13 do, naeng komunikasi do ahu tu ho , tolong jo kirim no wa manang no hp, mauliate parjolo

    BalasHapus