Kamis, 05 Mei 2011

Donna Donna

Sore ini saya membuka-buka internet dan menemukan blog yang mengulas lagu “Dona-Dona”. Lagu yang menjadi salah satu soundtrack di film “Soe Hok Gie".


Diceritakan bahwa ternyata lagu ini berbau Yahudi, lagu ini menceritakan anak sapi yang digiring ke pembantaian, mencerminkan situasi orang-orang Yahudi pada masa Holocaust. Dan betapa sang pemilik blog awalnya menyukai lagu itu. Tetapi setelah tahu lagu itu digubah, ditulis oleh Yahudi untuk mengenang kaum yahudi yang tewas dalam peristiwa Holocaust, pemilik blog menuliskan dia tidak akan pernah mendengar lagu tersebut.

“Setelah mengetahui fakta ini, Alhamdulillah saya memutuskan untuk tidak mendengarkan lagu ini. Lagu yang memiliki sejarah Yahudi, mulai dari penulis liriknya, pengaransemen musiknya, konten liriknya serta judul lagunya yang merupakan sebutan Yahudi untuk menyebut tuhannya (yang kita tidak tahu tuhan seperti apa yang dimaksud Yahudi ini), saya pikir lebih baik dijauhi oleh para muslimin dan muslimah. Saya khawatir lagu ini akan mengubah (sedikit atau banyak) pola pikir bawah sadar anda. Karena menurut buku yang saya baca, musik atau lagu merupakan salah satu sarana propaganda Yahudi untuk menyebarluaskan ide-ide ke-Yahudi-an mereka. Saya tidak tahu apakah teman-teman akan memutuskan untuk tidak mendengarkan lagu ini atau tidak setelah membaca tulisan ini. Semoga Allah memberi anda petunjuk .”

Wah.. sungguh, saya cuma bisa mengernyitkan dahi dan bertanya, sudah separah inikah kedengkian orang ini pada Yahudi? Ckckck… sepertinya penulis blog tersebut amat sangat berlebihan, dan sayangnya dia tidak sendiri. saya mengenal banyak orang sejenis dengan ini. 

Anyway saya bukan antek-antek zionis
Persetan dengan negara Israel (Negara Israel lho… Bukan Yahudi-nya)
Dan lebih persetan lagi dengan pemilik Blog Goblog itu….

Karena tak punya lagunya, saya akan download malam ini sepulang jam kerja, mau mendengarkan lagu ini sepanjang malam…
Lagu ini benar-benar lagu yang kuat, bermakna. :cool

Donna Donna 

On a waggon bound for market
there’s a calf with a mournful eye.
High above him there’s a swallow,
winging swiftly through the sky.


Reff:
How the winds are laughing,
they laugh with all their might.
Laugh and laugh the whole day through,
and half the summers night.


Donna, Donna, Donna, Donna;
Donna, Donna, Donna, Don.
Donna, Donna, Donna, Donna;
Donna, Donna, Donna, Don.


Stop complaining! said the farmer,
Who told you a calf  to be?
Why don’t you have wings to fly with,
like the swallow so proud and free?


Calves are easily bound and slaughtered,
never knowing the reason why.
But whoever treasures freedom,
like the swallow has learned to fly.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar